Terjadi Lagi Kasus Penipuan Umrah, Tetap Waspada dan Temukan Solusinya

Terjadi Lagi Kasus Penipuan Umrah, Tetap Waspada dan Temukan Solusinya

Oleh : Fajri Nur Mutaqin
Edisi : Kamis 7 Desember 2023

Baru-baru ini kembali terjadi kasus penipuan oleh salah satu penyedia jasa umroh di Tulungagung. Direktur Utama PT Tour & Travel Umrah ditangkap Satreskrim Polres Tulungagung pada tanggal 24/11/2023 di salah satu apartemen di Kota Surabaya. Dirut ini melakukan penipuan terhadap 160 jama'ah yang gagal berangkat umroh dengan total kerugian sekitar 5 miliar rupiah. Untuk detail beritanya bisa diakses di Celah.id  https://celah.id/lain-lain/2023/12/05/bos-travel-umroh-ditangkap-usai-gagal-berangkatkan-jemaah-tulungagung/

Kaum muslimin di Indonesia tetap waspada dan berhati-hati terkhusus pada saat memutuskan untuk memilih travel untuk pelaksanaan ibadah umroh dan haji. Terdapat beberapa tips yang perlu dipertimbangkan melaksanakan ibadah umroh dalam waktu dekat ini atau ketika momen tertentu bersama keluarga. 

Pertama, pastikan travel yang kamu pilih sudah memiliki rekam jejak yang terjamin. Bisa dilihat dari sejauh mana travel tersebut melakukan transparansi berupa berapa banyak jama'ah yang telah diberangkatkan sejak travel berdiri atau setidaknya satu tahun terakhir ini. Kamu juga bisa melihat testimoni yang diberikan oleh jama'ah yang pernah berangkat bersama travel tersebut agar data kamu didukung dengan fakta yang terjadi di lapangan. 

Kedua, kamu bisa lakukan observasi mendalam atau minta bantuan kepada orang-orang yang sedang atau pernah berada dalam sektor jasa travel guna menggali sejauh mana travel yang akan kamu pilih ini benar dan bisa bertanggung jawab terhadap jama'ahnya. Misal kamu bisa gali informasi tentang berapa banyak flight schedule yang dimiliki oleh travel tersebut dalam sebulannya, dari situ rasa yakin kamu untuk memilih travel tersebut lebih meningkat.

Ketiga, kamu bisa melakukan kunjungan ke kantor resmi maupun cabang yang tertera di website, akun media sosial baik Instagram, Tiktok atau lainnya. Cari waktu kunjungan yang tepat, usahakan kamu sedang dalam keadaan fresh dan siap untuk menerima berbagai informasi dari admin atau staff yang bertugas disana, kamu bisa bertanya paket umroh apa saja yang tersedia, hotel apa yang digunakan, apakah ada kegiatan manasik sebelum prosesi ibadah umroh berlangsung, sudah dapat makan atau belum dll. Intinya kamu bisa dalami itu semua di kantor pusat maupun cabang resminya. 

Demikian tips ini, stay positive ya nantikan juga informasi lain dari kami semoga bisa membuka wawasan kamu dan keluarga. Dan yang terpenting semoga cita-cita kamu dan keluarga untuk beribadah langsung di Baitullah Mekkah Al Mukaromah dan Masjid Nabawi di Madinah Munawwarah semakin menguat ya dan tentunya bisa terlaksana dengan penuh ketenangan dan kebahagiaan. In sya Allah

Jannah Firdaus Bogor... Sahabat Perjalanan Meraih Surga...
Umroh Mabrur... In sya Allah...

Share:
Tag: