Menangkap Pesan, Agar Perjalanan Umrohmu Berkesan

Menangkap Pesan, Agar Perjalanan Umrohmu Berkesan

Oleh : Fajri Nur Mutaqin (Tim Kreatif JF)
Edisi : Senin 18 Desember 2023

Semangat nan membara yang dimiliki jama'ah muslim di Indonesia sangat menginspirasi dan menjadi sorotan dunia. Bagaimana tidak, hal ini ditandai dengan panjangnya masa penantian calon jama'ah haji dan maraknya jama'ah Umroh yang datang silih berganti bahkan bertekad untuk berkali-kali mengunjungi tanah suci ini.

Fenomena ini merupakan salah satu harapan besar akan terwujudnya kebangkitan umat Islam yang taat lagi penuh dengan keberkahan dan ampunan Allah Subhanahu wa Taala. Ibadah haji dan umroh ini merupakan salah satu dari sekian banyak ibadah yang dengannya mampu mendidik umat Islam ini menjadi insan yang bertakwa, senantiasa memiliki hubungan baik dengan Allah dan sesama serta menjadi generasi yang bermanfaat dan mau memikirkan dan mensejahterakan umat.

Kerinduan itu akan semakin memuncak, harapan dan cita-citamu akan semakin mendekat, berbanding lurus dengan semakin dekatnya kamu ke Baitullah nan indah ini. Bersabarlah mungkin tinggal menunggu hari terbaik itu, mungkin juga tinggal menanti hitungan jam, bisa jadi tinggal beberapa kilometer lagi, atau bahkan tinggal hitungan langkah kaki lagi bahwa kamu dan keluarga tercintamu akan melihat bangunan yang menjadi impian kita sejak kecil dulu, bangunan yang karenanya air matamu tak terbendung lagi dan perlahan membasahi pipimu. 

Kerinduan mu akan terobati wahai saudaraku dengan ibadah umroh yang sebentar lagi akan kamu laksanakan dengan senang hati dan bahagia jiwa tentunya. Berjanji dan bertekadlah agar tiada tutur kata sia-sia yang akan terucap dari lisanmu di tanah suci ini. Bukan untuk mereka melainkan untuk kebaikan dan ketenangan dirimu sendiri. 

Jadikan ibadah Umrohmu ini sebagai salah satu wujud ketundukan dan ketaatan kamu kepada Sang Pencipta alam semesta ini. Kamu yang penuh dosa saja masih Allah izinkan untuk hadir di rumah terbaik-Nya. Maka tak ada salahnya untuk mempersiapkan sebaik-baik perbekalan dan persembahan dalam ibadah ini. 

Karenanya cukuplah 2 keistimewaan ibadah umroh ini menjadi pengingat sekaligus penguat bahwa kamulah orang-orang pilihan yang Allah segerakan kebaikannya di dunia ini. 

Pertama, Sabda baginda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam "Haji dan Umroh adalah jihadnya orang lanjut usia, anak kecil dan wanita" (HR. Nasai). Bagaimana tidak kamu sedang berjihad dari 3 sisi sekaligus yaitu sisi hati dengan menjaga kemurnian keikhlasan beribadah hanya untuk Allah; dari sisi fisik bersedia melakukan seluruh prosesi ibadah yang Allah syariat kan tanpa berkeluh kesah sedikit pun; dan dari sisi harta yang dengannya kamu rela memperjuangkan harta yang telah kamu kumpulkan selama ini, dengan kemurnian tekad untuk di belanjakan di jalan Allah yang terbaik ini.

Kedua, sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam tentang "Antara satu umroh dengan umroh berikutnya adalah penghapus dosa (masa) diantara keduanya, dan tidak ada balasan bagi haji yang mabrur melainkan surga" (HR. Bukhari Muslim). Bukankah ampunan Allah atas dosa-dosa yang telah kamu perbuat selama ini sudah cukup bagimu? bukankah ampunan inilah yang selalu kamu minta dalam sholatmu? Maka realisasi bentuk ampunan Allah itu tidak hanya akan kamu dapatkan di tanah suci ini namun jagalah ampunan yang telah Allah berikan setibanya nanti kamu di tanah air tercinta. 

Sampaikan kepada keluarga, karib kerabat tentang bagaimana keadaanmu selama disana, keajaiban apa yang kamu temui disana, ketenangan apa saja yang dengannya kamu merasa damai, agar mereka pun bertekad dan memiliki kemauan yang sama untuk memperoleh kebaikan yang telah kamu rasakan. Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin

Pesan diakhir ini, semoga kamu dan sekeluarga besar, orang-orang yang kamu cintai Allah izinkan dan segerakan untuk beribadah umroh di tahun ini, segala niat baik di tahun depan bisa terwujud dengan cara-cara terbaik di waktu terbaik in sya Allah.
Barakallah Lana wa Lakum Jami'an 

Jannah Firdaus... Sahabat Perjalanan Meraih Surga...
Umroh Mabrur... In sya Allah...

Share:
Tag: